Seorang guru senantiasa akan menganalisa bentuk butir soal setelah melaksanakan berbagai kegiatan ulangan di sekolah. Kegiatan menganalisis butir soal ini harus dilakukan untuk mengetahui sejauh mana para siswa akan menguasai berbagai materi yang telah dipelajarinya.


Selain itu guna dari menganalisa soal ialah untuk memberikan informasi kepada lembaganya ataupun kepada siswa itu sendiri tentang bagaimana dan sejauhmana penguasaan dan kemampuannya yang telah dicapai siswa terhadap materi dan keterampilan-keterampilan mengenai mata pelajaran yang telah diberikan.

Kegiatan menganalisis butir soal merupakan proses pengumpulan, peringkasan dan penggunaan informasi dari jawaban siswa untuk membuat keputusan tentang setiap penilaian. Tujuan analisis butir soal mengkaji dan menelaah setiap butir soal agar diperoleh soal yang bermutu.

Semua bentuk soal terdiri dari soal pilihan ganda (PG), Isian singkat dan  uraian bisa dilaksanakan dengan menganalisanya menggunakan aplikasi yang tersedia di bawah ini.

Posting Komentar

 
Top